Burung Kacer : Suara, Keistimewaan, Jenis dan Harga Terbaru

Wesbuntu.com, Semua pecinta burung pasti sudah tidak asing lagi dengan burung kacer. Karena memang burung kacer sering diikut sertakan kedalam lomba burung lantaran memiliki suara yang merdu atau istilahnya gacor. Nah dalam artikel ini kami akan membahas tentang burung kacer, mulai dari suara burung kacer jantan maupun betina, keistimewaan, jenis, sampai harga terbaru.

Mengenal Burung Kacer

Burung Kacer
Via @ Omkicau.com

Sebelum kita membahas semua hal yang ada dalam burung kacer, mungkin ada baiknya kalu kita mengenal lebih dekat lagi tentang burung kacer. Oke, jadi burung kacer atau memiliki nama lain kucica kampung merupakan burung kicau berukuran sedang yang memiliki suara merdu.

Dulunya burung kacer tergolong kedalam kelompok burung murai, tapi entah kenapa saat ini burung kicau yang satu ini masuk kedalam anggota keluarga burung Muscicapidae.

Jika anda belum pernah melihat burung kacer dialam liar atau yang dipelihara orang, disini akan sedikit kami jelaskan ciri fisik, makanan dan sekaligus habitat dari burung ini.

Ciri Fisik

Warna burung kacer sebenarnya berbeda-beda tergantung dari jenis burung itu sendiri. Tapi pada umumnya burung kacer memiliki warna putih yang berkombinasi dengan warna hitam mengkilat.

Itulah sebabnya burung tersebut sangat sering dipelihara, selain suaranya yang merdu, warna bulu yang dimiliki juga sangat indah dan memanjakan mata.

Dari segi tubuh burung kacer memiliki ukuran yang hampir sejajar dengan burung murai batu, memiliki ekor panjang seperti lidi dan sering mengangkat ekor tersebut jika sengan mencari makan atau bertengger. Sedangkan pada bagian paruh dan mata berwarna hitam pekat.

Habitat

Persebaran burung kacer di Indonesia sangat luas, hampir diseluruh daerah yang masih terdapat hutan ditempati burung cantik yang satu ini. Dialam liar burung kacer sangat suka dengan dataran rendah sampai dengan ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Tapi terkadang juga sangat sering dijumpai di pemukiman yang masih memiliki sumber daya makanan melimpah.

Bicara tentang habitat, pasti tidak luput dengan populasi. Nah untuk burung kacer sendiri populasinya saat ini semakin menurun. Kenapa demikian ? hal tersebut disebabkan karena banyaknya penggundulan hutan dan pemburuan liar yang berlebihan untuk dipelihara ataupun diperjual belikan.

Makanan

Dialam liar makanan burung kacer sangat melimpah, seperti serangga-serangga kecil, ulat, jangkrik, belalang, buah-buahan, biji-bijian dan bahkan cacing.

Untuk makanan burung kacer yang sudah ditangkar atau dipelihara biasanya tidak jauh berbeda dengan yang ada dialam liar, mungkin yang sedikit membedakan hanya voer dan porsi makanan yang terjaga supaya burung kacer peliharaan mampu mengeluarkan suara gacor dan merdu. Bahkan tidak jarang burung kacer kelas kontes sering diberi vitamin yang pas agar suaranya tambah mantab.

Suara Burung Kacer

Suara Burung Kacer
Via @ Burungkacer.com

Suara burung kacer bisa dibilang sebuah penentu dari harga jual burung tersebut, semakin bagus kualitas suara yang dimiliki maka akan semakin tinggi pula harga jualnya. Maka sangat tidak heran para pemelihara burung kacer berlomba-lomba untuk melatih burung kacer kesayangan.

Setiap jenis kacer memiliki suara yang khas sendiri-sendiri, ada yang berkicau dengan durasi panjang, nada keras, melengking dan lain sebagainnya. Nah berikut ini merupakan beberapa suara burung kacer jantan maupun betina yang bisa anda download dalam format mp3.

Download Suara Kacer Poci Gacor >> Disini

Download Suara Kacer Isian >> Disini

Download Suara Kacer Durasi Panjang >> Disini

Download Suara Kacer Betina Pancingan >> Disini

Suara-suara yang akan kami bagikan ini juga bisa anda manfaatkan sebagai pencingan burung kacer lain yang sedang malas berkicau, melatih mental kacer, dan bahkan masteran untuk burung kicau lain.

Itulah beberapa suara kacer yang bisa anda amati perbedaannya. Jadi selain anda tahu bentuk fisik dari kacer, anda juga bisa tahu suara dari jenis-jenis kacer yang sedang populer di Indonesia.

Keistimewaan Burung Kacer

Keistimewaan Burung Kacer
Via @ Portalsemarang.com

Burung kacer memiliki keistimewaan tersendiri dimata pecinta burung. Tidak hanya dari segi suaranya saja, tapi ada beberapa hal lain yang menjadikan burung ini sangat istimewa. Berikut merupakan beberapa keistimewaan burung kacer yang mungkin belum banyak orang yang tahu:

  • Mempunyai jiwa petarung atau mental yang kuat.
  • Terlihat sangat gagah saat berkicau atau mengangkat ekornya.
  • Saat berkicau, burung kacer terlihat seperti menari.
  • Warana bulu yang sangat elegan.
  • Tidak mau kalah jika anda burung lain.

Beberapa keistimewaan diatas bisa dibilang subah alasan kenapa burung kacer banyak dipelihara dan harga jualnya bisa mencapai jutaan rupiah saat sudah jadi. Jika anda tahu keistimewaan lain yang terdapat dalam burung kacer bisa beri tahu kami melalui kolom komentar yang sudah kami sedikan.

Jenis Burung Kacer Populer

Jenis Burung Kacer
Via @ Republika.co.id

Di Indonesia anda sekitar 5 jenis burung kacer yang populer atau sering dipelihara. Anatra lain yaitu kacer poci, kacer jawa (lokal), kacer blorok, kacer madagaskar dan juga kacer kalimantan. Nah berikut ini merupakan ulasan dari jenis-jenis terbut kenapa menjadi populer di negara kita.

Burung Kacer Lokal / Jawa

Burung kacer jawa sering disebut juga dengan nama kacer hitam, karena pasalnya warna bulu dari kacer jenis ini hampir keseluruhan hitam dan hanya ada warna putih dibagian sayap tengah saja.

Kacer jenis ini juga banyak diminati, baik itu untuk segi kontes, masteran, atau hanya untuk peliharaan saja. Karena pasalnya jenis kacer yang satu ini sangat pandai menirukan ritme suara burung jenis lain.

Perlu digaris bawah, meski namanya kacer jawa bukan berarti persebarannya hanya dipulau jawa saja, tapi persebaran kacer jenis ini sangat luas dan banyak ditemukan juga diluar pulau jawa.

Burung Kacer Poci

Burung pengicau dengan nama latin copsychus saularis ini memiliki 2 nama lain, ada yang menyebutnya dengan nama kacer sumatera dan sekoci.

Warna bulu kacer poci hanya ada dua paduan warna yaitu hitam dan putih.Warna hitam terletak pada bagian kepala, leher, punggung, dan ekor. Sedangkan warna putih terletak pada bagian dada, perut, dan sayap bagian tengah.

Ada yang khas dari burung kacer jenis ini, yaitu saat berkicau ia berdiri tegak dan bernada tinggi atau sering disebut gacor ngobra. Mungkin hal ini juga yang membuat burung kacer yang satu ini bisa populer dan sering diikut sertakan dalam kontes burung kicau.

Menurut beberapa informasi yang kami dapatkan, persebaran burung kacer poci ini sudah sangat luas. Bahkan bukan hanya ada di Indonesia saja, dinegara tetangga seperti Nepal, Thailand, Filipina, Tiongkok, dan Malaysia juga sudah terdapat burung kacer jenis ini.

Burung Kacer Madagaskar

Kacer Madagaskar sebenarnya bukan berasal dari Indonesia melainkan berasal dari benua Afrika. Tapi kenapa jenis kacer ini juga bisa populer di Indoensia ? Hal itu disebabkan karena kacer madagaskan memiliki ciri khas suara yang disebut kristal dan tingkah laku yang unik saat mbagong.

Jika kita melihat dari segi warna burung kacer madagaskar tidak ada bedanya dengan warna kacer poci yang sudah kami jelaskan diatas. Yang bisa digunakan untuk membedakan yaitu dari segi ukuran yang mana kacer madagaskar lebih bulat jika dibanding dengan kacer poci.

Burung Kacer Kalimantan

Jenis kacer selanjutnya yaitu kacer kalimantan. Seperti kacer jawa, kacer kalimantan juga persebarannya tidak hanya di kalimantan saja tapi kacer jenis ini juga bisa ditemukan di beberapa daerah seperti bali, nias dan bangka belitung. Nama kalimantan hanya untuk istilah saja seperti kacer jawa.

Ras dan spesies kacer kalimantan terbagi menjadi beberapa bagian yaitu Copsychus Solaris Musicus, Pluto dan juga Adamsi. Dari masing-masing ras memiliki perbedaan dari segi warna. Tapi kebanyakan berwarna hitam dan putih seperti jenis kacer pada umumnya.

Burung Kacer Blorok

Seperti hewan berwarna blorok lainnya, kacer jenis ini juga demikian yaitu memiliki motif semburat hitam dan putih yang tidak beraturan. Agak aneh memang jika dibanding dengan jenis kacer lainnya, tapi justru itulah yang membuat jenis kacer ini populer dikalangan pecinta burung.

Kacer blorok tercipta karena hasil persilangan antara kacer jawa dengan kacer putih. Meski warnanya aneh, untuk masalah suara dan mental kacer blorok tidak kalah dengan jenis lain. Bahkan menurut beberapa pecinta burung kacer, mental kacer blorok lebih berani dan tidak takut jika didekati.

Harga Burung Kacer Terbaru

Harga Burung Kacer
Via @ YouTube.com

Harga burung kacer sebenarnya sangat bervareasi, tergantung dari jenis, keturunan, dan suara yang dimiliki burung tersebut. Tapi sebagai acuan, berikut ini kami berikan list harga kacer terbaru mulai dari kacer bakalan, dewasa, dan jenis kacer yang banyak diperjual belikan dipasaran.

Jenis Burung KacerHarga
Kacer Jawa (Hitam) BakalanRp 450.000
Kacer Jawa (Hitam) JadiRp 1.200.000
Kacer Poci BakalanRp 350.000
Kacer Poci TrotolRp 120.000
Kacer Poci JadiRp 1.000.000
Kacer Putih BakalanRp 400.000
Kacer Putih NgriwikRp 650.000
Kacer Putih GacorRp 850.000
Kacer Betina MudaRp 250.000
Kacer Betina Usia 1 TahunRp 300.000
Kacer Betina Siap TernakRp 350.000

Itulah ulasan sekaligus pengenalan tentang burung kacer yang dapat kami bagikan dalam artikel kali ini. Jika ada pertanyaan atau kritik dan saran seputar artikel yang kami tulis ini silahkan menghubungi kami melalui kolom komentar yang sudah kami sedikan dibawah. Sekian dan terimakasih..

Tinggalkan komentar